Langsung ke konten utama
close

Resep Kangkung Sambal Asam (Rumbah/ Pecel Khas Indramayu) Anti Gagal

Kangkung Sambal Asam (Rumbah/ Pecel Khas Indramayu). Lihat juga resep Kangkung Sambal Asam (Rumbah/ Pecel Khas Indramayu) enak lainnya. Jika di Jawa Tengah dan Jawa Timur ada pecel dengan sambalnya yang manis, maka Indramayu ada "pecel" dengan sambal asemnya yang khas, yang membuat rumbah sedikit berbeda dengan pecel. Di Indramayu sendiri, rumbah masih cukup banyak di minati dan sering di jajakan oleh para ibu-ibu yang menjualnya door to door.

Kangkung Sambal Asam (Rumbah/ Pecel Khas Indramayu) Layaknya pecel, rumbah juga berisi beberapa macam sayuran seperti kangkung, kol, tauge, timun, dan sayuran lainnya yang disiram dengan sambal kacang. Ada rumbah yang sangat terkenal di Indramayu yaitu Rumbah Darinih. Makanan khas ini semacam gado-gado atau pecel, tetapi uniknya rumbah yang di Indramayu selain sayurannya yang terdiri dari kangkung, dan toge, ada juga semanggi, kacang panjang, pisang klutuk muda yang diberi bumbu sambal yang berbeda.

Lagi mencari inspirasi resep kangkung sambal asam (rumbah/ pecel khas indramayu) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kangkung sambal asam (rumbah/ pecel khas indramayu) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Kangkung Sambal Asam (Rumbah/ Pecel Khas Indramayu) enak lainnya. Jika di Jawa Tengah dan Jawa Timur ada pecel dengan sambalnya yang manis, maka Indramayu ada "pecel" dengan sambal asemnya yang khas, yang membuat rumbah sedikit berbeda dengan pecel. Di Indramayu sendiri, rumbah masih cukup banyak di minati dan sering di jajakan oleh para ibu-ibu yang menjualnya door to door.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kangkung sambal asam (rumbah/ pecel khas indramayu), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan kangkung sambal asam (rumbah/ pecel khas indramayu) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kangkung sambal asam (rumbah/ pecel khas indramayu) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Kangkung Sambal Asam (Rumbah/ Pecel Khas Indramayu) memakai 8 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kangkung Sambal Asam (Rumbah/ Pecel Khas Indramayu):

  1. Sediakan 2 ikat kangkung, rebus.
  2. Ambil Bumbu halus:.
  3. Gunakan 5 buah asam jawa (muda), sy kupas kulitnya, tapi boleh tidak.
  4. Sediakan 15 buah cabai rawit merah, jangan buang tangkainya.
  5. Gunakan 3 buah gula merah (sy: 1 sdm gula merah serbuk).
  6. Gunakan 5 cm terasi (memang lebih banyak dari sambal biasa).
  7. Siapkan 1 sdt garam.
  8. Gunakan Secukupnya air matang (sy tidak pakai).

Ada yang bumbu kelapa dan sambal kacang, sambal pedas, sambal ditambah terasi atau petis dan lain-lain. Seperti pecel, rumbah berisi aneka sayuran seperti kangkung, timun, kol, tauge, dan lainnya. Nah, yang berbeda, menu rumbah juga ditambah air petis ,masakan ikan pindang. Alhasil rasanya di lidah menjadi pedas dan asam.

Cara membuat Kangkung Sambal Asam (Rumbah/ Pecel Khas Indramayu):

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Rebus kangkung hingga matang sesuai selera (jangan terlalu lama, masih ada sensasi kres-nya), tiriskan, siram air dingin agar warnanya tetap hijau dan proses pemasakannya berhenti..
  2. Haluskan bumbu secara manual dengan cobek ya..
  3. Selanjutnya, tuang di atas kangkung yang telah direbus. Bisa disantap dengan cara colek kangkung ke bumbu atau langsung campur merata, sesuai selera saja. Selamat mencoba!.

Rumbah akan lebih nikmat jika disantap dengan. Rumbah mungkin hampir sama dengan pecel namun untuk rumbah menggunakan daun kangkung sebagai ciri khasnya. Untuk mendapatkan sepiring rumbah sangat mudah, sebab di jalanan kota Indramayu banyak sekali warung - warung yang menyediakan hidangan yang satu ini. Rumbah yang merupakan kuliner khas masyarakat pesisir utara Jawa Barat ini serupa dengan pecel, atau hampir mirip dengan gado-gado jika di Jakarta. Rumbah adalah makanan yang terbuat dari macam-macam sayuran yang direbus, sekilas makanan rumbah hampir sama dengan pecel, tetapi ada yang membedakan sehingga mempunyai cita rasa yang berbeda.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat kangkung sambal asam (rumbah/ pecel khas indramayu) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Pecel tempe Anti Gagal

Pecel tempe . It made from different vegetables and serve with peanut sauce and warm plain rice (nasi putih). And usually accompany with some rice flour cracker (rempeyek). Pecel tempe terong (Foto : Instagram @banususanto) JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Jawa Timur ini terkenal lezat dan legendaris. Resep lezat dan sederhana dari Indon Semoga kita semua selalu sehat dan semakin. makanan kampung pecel + gembus + tempe goreng.#pecel#gembus#tempegoreng Pesan makanan dan minuman favoritmu dari 🌟Pecel & Rawon Glintung Bu Yatirah - Blimbing. Pesannya gampang dan pengiriman cepat langsung ke lokasi kamu. Lagi mencari inspirasi resep pecel tempe yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pecel tempe yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap

Resep Pecel ontong (jantung pisang), Enak

Pecel ontong (jantung pisang) . Lihat juga resep Pecel Santan Ontong (Jantung Pisang) enak lainnya. Resep Pecel Santan Ontong (Jantung Pisang). Lihat juga resep Pecel ontong enak lainnya. Bukan pecel pakai bumbu kacang yaa. Tapi pkai santen dan santannya ga direbus. Padahal yaa di bali bnyk yg jual ontong ini tapi mau. ontong (jantung pisang, the young flower of banana). Sedang mencari ide resep pecel ontong (jantung pisang) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pecel ontong (jantung pisang) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Lihat juga resep Pecel Santan Ontong (Jantung Pisang) enak lainnya. Resep Pecel Santan Ontong (Jantung Pisang). Lihat juga resep Pecel ontong enak lainnya. Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pecel ontong (jantung pisang), pertama dari jenis b

Cara Gampang Menyiapkan Pecel gedang Anti Gagal

Pecel gedang . Pecel Gedang finanzi raizah malang. #GA_TheNextLevel ini salah satu masakan mama ku yang menjadi favoritku kata mama namanya pecel gedhang, mirip sama nogosari tapi tanpa daun. Sesuai dengan namanya, pecel rumput laut, selain menggunakan berbagai sayuran seperti bayam, kacang panjang, kol dan tauge, Anda akan menemukan rebusan rumput laut lengkap dengan kuah kacang yang lezat itu. Pecel Ayam Soponyono menjajakan hidangan pecel di Kota Jambi. Pesan makanan dan minuman favoritmu dari Warung Pecel Bu Lastri - Tangkil Tengah. Pesannya gampang dan pengiriman cepat langsung ke lokasi kamu. Nikmati juga promo dan diskon menarik dari Warung Pecel Bu Lastri - Tangkil Tengah. Sedang mencari ide resep pecel gedang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pecel gedang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kit