Langsung ke konten utama
close

Resep Bumbu Pecel Tulungagung Anti Gagal

Bumbu Pecel Tulungagung. Zaman aku masih SMU di Tulungagung, hampir setiap pagi sarapan pecel yang jual di depan mesjid daerah Kauman Kota. Bumbu pecelnya enak banget berasa sekali kencur dan daun jeruknya. Menemukan bumbu pecel yang mirip dengan yang.

Bumbu Pecel Tulungagung Pecel Tulungagung - berbeda dengan pecel lainnya, bumbu pecel Tulungagung diantaranya, bahan utama kacang tanah yang digoreng, dilengkapi dengan kencur, cabai, garam, gula merah, tape singkong goreng, daun jeruk, sehingga rasanya yang pedas dan manis. Nasi pecel Tulungagung tidak dilengkapi dengan lauk pauk seperti ayam, telur, hati dan lain-lain, tetapi hanya dengan lauk tempe goreng,… Selain itu tulungagung pun punya makanan khas dimana makanan ini dijadikan ikon kota Tulungagung yaitu punten pecel, sekilas memang punten pecel ini bisa dikatakan mirip dengan gado-gado khas betawi atau pecel khas madiun. Namun jika anda melihat secara detail bumbu dan sayuran yang digunakan di masakan punten pecel ini berbeda dari pecel lainnya.

Sedang mencari inspirasi resep bumbu pecel tulungagung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bumbu pecel tulungagung yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bumbu pecel tulungagung, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bumbu pecel tulungagung enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Zaman aku masih SMU di Tulungagung, hampir setiap pagi sarapan pecel yang jual di depan mesjid daerah Kauman Kota. Bumbu pecelnya enak banget berasa sekali kencur dan daun jeruknya. Menemukan bumbu pecel yang mirip dengan yang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bumbu pecel tulungagung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Bumbu Pecel Tulungagung memakai 10 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Bumbu Pecel Tulungagung:

  1. Sediakan 1 kg kacang tanah goreng.
  2. Ambil 250 gr cabe besar/ keriting merah.
  3. Siapkan 75 gr cabe rawit merah.
  4. Siapkan 400 gr gula merah.
  5. Sediakan 80 gr kencur bersih.
  6. Ambil 200 gr bawang putih.
  7. Sediakan 30 gr daun jeruk purut.
  8. Sediakan 20 gr asam masak.
  9. Ambil 4 sdm full gula pasir.
  10. Gunakan 3 sdm full garam.

Tapi keduanya sama-sama mudah ditemukan di Tulungagung kok. Penyajian pecel punten mirip seperti pecel Madiun atau pecel Tumpang yang terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, daun singkong, bayam, mentimun, kembang turi, kecambah, kangkung serta kemangi yang disiram dengan sambal pecel. Punten kemudian dipotong dan disajikan bersama sayuran dan bumbu kacang pedas. Sayuran pada pecel ini biasanya berisi kacang panjang, daun singkong, bayam, mentimun, kembang turi, kecambah, kangkung serta kemangi yang disiram dengan sambal pecel.

Cara menyiapkan Bumbu Pecel Tulungagung:

  1. Goreng kacang. Tiriskan.
  2. Siapkan bumbu, cuci bersih. Tiriskan. Potong-potong agar mudah dihaluskan..
  3. Sangrai kencur, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting..
  4. Masukkan daun jeruk dan asam..
  5. Masukaan minyak agar kandungan air pada bumbu habis. Karena kalau masih ada kandungan air, maka kelamaan bumbu bisa tengik karena percampuran air dan minyak.
  6. Masukkan ke dalam baskom kacang tanah, bumbu, gula, garam. Aduk rata. Masukkan juga gula merah yg sudah disisir tipis sedikit demi sedikit. Aduk rata.
  7. Sekarang siap untuk digiling. Sy pakai gilingan manual. Butuh tenaga ekstra giling bumbu pecel nih, krn gulanya pasti lengket. Nih gilingan milik mertua, minjem dl ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿ’–.
  8. Taraaaa.... Jadi deh.. Kencurnya berasa.. Sy suka..sy suka.... Kalau dijual 250 gr harga 12rb, modal balik 90rb nih. Untung berapa ya... ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ dasar emak emak irit ๐Ÿ˜œ.
  9. Disajikan bersama tahu bali, sambal tongkol, taburan kemangi dan petai cina... Mantulll ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜๐Ÿ’–.

Pecel punten merupakan makanan favorit warga Tulungagung dan diburu para wisatawan. Warung Pecel Bu Semi menjajakan hidangan pecel di Kabupaten Tulungagung. Tempat ini menyediakan hidangan pecel dengan bumbu, bahan dan resep pilihan. Tempat ini dapat menjadi pilihan wisata kuliner Anda atau tempat makan bersama teman dan keluarga. Hidangan ditawarkan dengan harga terjangkau dengan rasa terbaik.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bumbu Pecel Tulungagung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Pecel tempe Anti Gagal

Pecel tempe . It made from different vegetables and serve with peanut sauce and warm plain rice (nasi putih). And usually accompany with some rice flour cracker (rempeyek). Pecel tempe terong (Foto : Instagram @banususanto) JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Jawa Timur ini terkenal lezat dan legendaris. Resep lezat dan sederhana dari Indon Semoga kita semua selalu sehat dan semakin. makanan kampung pecel + gembus + tempe goreng.#pecel#gembus#tempegoreng Pesan makanan dan minuman favoritmu dari ๐ŸŒŸPecel & Rawon Glintung Bu Yatirah - Blimbing. Pesannya gampang dan pengiriman cepat langsung ke lokasi kamu. Lagi mencari inspirasi resep pecel tempe yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pecel tempe yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap

Resep Pecel ontong (jantung pisang), Enak

Pecel ontong (jantung pisang) . Lihat juga resep Pecel Santan Ontong (Jantung Pisang) enak lainnya. Resep Pecel Santan Ontong (Jantung Pisang). Lihat juga resep Pecel ontong enak lainnya. Bukan pecel pakai bumbu kacang yaa. Tapi pkai santen dan santannya ga direbus. Padahal yaa di bali bnyk yg jual ontong ini tapi mau. ontong (jantung pisang, the young flower of banana). Sedang mencari ide resep pecel ontong (jantung pisang) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pecel ontong (jantung pisang) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Lihat juga resep Pecel Santan Ontong (Jantung Pisang) enak lainnya. Resep Pecel Santan Ontong (Jantung Pisang). Lihat juga resep Pecel ontong enak lainnya. Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pecel ontong (jantung pisang), pertama dari jenis b

Cara Gampang Menyiapkan Pecel gedang Anti Gagal

Pecel gedang . Pecel Gedang finanzi raizah malang. #GA_TheNextLevel ini salah satu masakan mama ku yang menjadi favoritku kata mama namanya pecel gedhang, mirip sama nogosari tapi tanpa daun. Sesuai dengan namanya, pecel rumput laut, selain menggunakan berbagai sayuran seperti bayam, kacang panjang, kol dan tauge, Anda akan menemukan rebusan rumput laut lengkap dengan kuah kacang yang lezat itu. Pecel Ayam Soponyono menjajakan hidangan pecel di Kota Jambi. Pesan makanan dan minuman favoritmu dari Warung Pecel Bu Lastri - Tangkil Tengah. Pesannya gampang dan pengiriman cepat langsung ke lokasi kamu. Nikmati juga promo dan diskon menarik dari Warung Pecel Bu Lastri - Tangkil Tengah. Sedang mencari ide resep pecel gedang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pecel gedang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kit